Sekilas Tentang Psikologi


Referensi Pihak Ketiga


Menurut kalian, apasih Psikologi itu?

Pasti kebanyakan dari pikiran orang-orang, psikologi tuh....

"Ooo yang bisa meramal itu ya?"

"Yang bisa baca pikiran orang itu kan?"

"Baca garis tangan aku dong!!"

"Aku orangnya kayak gimana sih??"



well... sebagian anggapan di atas adalah salah besar!
Jadi sebenarnya, psikologi itu apasih?


Referensi Pihak Ketiga

Psikologi itu berasal dari bahasa Yunani, yaitu Psyche yang artinya jiwa, dan logos yang artinya ilmu. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang mental dan perilaku manusia secarah ilmiah. Jadi, psikologi ini adalah ilmu yang dipelajari secara ilmiah gaes, ga asal-asalan. Untuk mencari kebenaran di psikologi harus melalui penelitian dan berbagai riset. Jadi, psikologi bukan ilmu ramal atau ilmu ngasal yaa, hihi.

"Katanya bisa ngerti orang itu bohong apa enggak, iya kak?"

Hmm. pertanyaan itu ga salah dan ga sepenuhnya benar. Karena, di Psikologi kita mempelajari tentang perilaku manusia. Nah, manusia yang sedang sedih, marah, bahagia, ataupun sedang berbohong bisa diidentifikasi dan diamati ciri-ciri perilakunya itu seperti apa. Jadi, orang yang berbohong bisa kita lihat dari gerak-geriknya. Misalnya, dia cenderung mengalihkan pembicaraan, tidak melihat lawan bicara, berbicara secara terbelit-belit, dan sebagainya. Namun, hal itu bukan menjadi acuan yang pas untuk mengatakan bahwa seseorang itu sedang berbohong. Ada faktor lain yang harus diperhatikan, tidak hanya dari perilakunya saja. Seperti itu gaeess..
Oh ya, kita sering banget dengar sebutan Psikolog. Nah kalau Psikolog itu adalah seseorang yang mengambil S2 Profesi Psikologi. Jadi, mahasiswa S1 Psikologi belum bisa disebut sebagai Psikolog, mereka hanya disebut sebagai Ilmuwan Psikologi.
Nah, begitu gaeees.

Itu aja sih sekilas tentang Psikologi.
Maaf kalau postingan ini pendek banget + ga jelas.
Di postingan selanjutnya aku akan terus banyak membahas tentang seputar Psikologi.

Yang mau tanya-tanya seputar Psikologi silahkan yaa gaees. Aku malah seneng banget kalau ada yang tanya dan bisa sharing bareng-bareng ;)

Thankyouu..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ABSTRAK